AMBALIKA

DEWI AMBALIKA atau Dewi Ambiki (Mahabharata) adalah putri bungsu dari tiga bersaudara putri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura dengan permaisuri dewi Swargandini. Kedua saudara kandungnya masing-masing bernama ; Dewi Amba, yang secara tak sengaja mati terbunuh oleh panah Dewabrata/Resi Bisma, dan Dewi Ambika, yang menjadi istri Prabu Citragada, putra sulung Prabu Santanu dengan Dewi Durgandini dari negara Astina, dan kemudian menjadi istri Begawan Abiyasa.
Dewi Ambalika dan kakaknya, Dewi Ambaliki menjadi putri boyongan Dewabrata/Resi Bisma yang telah berhasil memenangkan sayembara tanding di negara Giyantipura dengan membunuh Wahmuka dan Arimuka. Di negara Astina, Dewi Ambalika dinikahkan dengan Wicitrawirya, putra
bungsu Prabu Santanu dengan Dewi Durgandini. Setelah Prabu Wicitrawirya meninggal karena sakit, atas kehendak Dewi Durgandini, Dewi Ambalika dinikahkan dengan Begawan Abiyasa, putra tunggal Dewi Durgandini dengan Begawan Palasara dari pertapaan Retawu. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh seorang putra yang berwajah pucat, yang diberi nama Pandu, yang secara turun temurun kelak menurunkan keluarga Pandawa.
Dewi Ambalika berumur sangat panjang. Ia hidup sampai berakhirnya perang Bharatayuda Setelah penobatan Yudhistira menjadi raja negara Astina bergelar Prabu Kalimataya, dengan bimbingan Begawan Abiyasa, Dewi Ambika mati moksa bersama-sama dengan Dewi Ambika dan Dewi Durgandini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s