GAGARMAYANG

DEWI GAGARMAYANG adalah bidadari keturunan Sanghyang Triyarta. Ia mempunyai saudara kembar yang bernama Dewi Prabasini. Meski memiliki bentuik badan yang kurus, namun karena kecantikannya dan daya sensualnya yang tinggi, Dewi Gagarmayang oleh Sanghyang Manikmaya ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh bidadari Upacara di Suralaya. Keenam bidari upacara lainnya adalah ; Dewi Supraba, Dewi Lenglengdanu, Dewi Irimirin, Dewi Tunjungbiru, Dewi Warsiki dan Dewi Wilutama.
Kecantikan Dewi Gagarmayang pernah menggoncangkan Suralaya, ketika Bathara Kalayuwana, putra Bathara Kala dengan Dewi Durga yang ingin memperistri Dewi Gagarmayang ditolak Bathara Guru. Perang tak dapat dihindarkan antara para dewa Suralaya melawan para raksasa dan makhluk-makhluk siluman dari
Setragandamayit. Perang baru berakhir setelah Sanghyang Brahma turun ke arcapada untuk meminta bantuan Resi Kiswabrisma, cucu buyut Dewi Brahmanisri dengan Garuda Aruni/Garuda Briawan. Dewi Brahmanisri adalah putrid sulung Sanghyang Brahmn dengan Dewi Raraswati. Dalam peperangan tersebut Resi Kiswabriswa berhasil mengalahkan Bathara Kalayuwana dan mengusir pasukan raksasa dan para siluman dari Jonggringsaloka.
Dalam  kisah Arjuna Wiwaha  Dewi Gagarmayang pernah turun kearcapada bersama  keenam bidadari upacara Suralaya lainnya melaksanakan perintah Sanghyang Indra, untuk membuyarkan atau menggagalkan Arjuna yang sedang bertapa di Goa Mintaraga, hutan Kaliasa di lereng gunung Indrakilo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s