SETYAKI

ARYA SETYAKI juga dikenal dengan nama Arya Wresniwara, yang berarti perwira dari suku Wresni. Sedangkan julukan Singamulangjaya, karena apabila berperang, Setyaki memiliki gerakan yang sangat cekatan, trengginas dan pantang menyerah layaknya singa yang terluka.
Arya Setyaki adalah putra Prabu Setyajid/Ugrasena, raja negara Lesanpura dengan Dewi Sini/Wresini, putri Prabu Sanaprabawa. Kakak kandungnya, Dewi Setyaboma, menjadi istri Prabu Kresna, raja negara Dwarawati, yang masih saudara sepupunya sendiri. Setyaki ikut membantu Sri Kresna ketika merebut negara Dwarawati dari kekuasaan Prabu Narasinga. Ia berhasil mengalahkan dan membunuh Singamulangjaya, senapati negara Dwarawati, dan mendapat warisan Gada Wesikuning.
Setyaki menikah dengan Dewi Garbarini, putri Prabu Garbanata raja negara Garbaruci, dan memperoleh seorang putra lelaki yang diberi nama Arya Sangasanga. Pada masa mudanya, Setyaki sangat gemar olah keprajuritan dan bertapa, menjadikan dirinya sangat sakti. Ia mendapat anugrah pusaka dari Dewata berupa gada yang bernama Lukitasari.
Setyaki memiliki sifat perwatakan ; pemberani, cerdas, kuat, keras hati dan nekad. Akhir riwayatnya diceritakan, ia meninggal setelah perang Bharatayuda akibat perang gada sesama keluarga Wangsa Yadawa, Wresni dan Andaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s